Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

kecanduan gadget pada anak
sumber gambar: google

Gadget menjadi alat yang saat ini digemari masyarakat berbagai kalangan. Semakin hari pemakaiannya semakin meningkat. Baik anak-anak maupun orang dewasa kini merupakan pengguna aktif gadget, meski tujuan penggunaan mereka berbeda. Yang perlu diwaspadai adalah penggunaan gadget yang terlalu berlebihan, karena bila hal ini dibiarkan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada anak-anak. Kecanduan gadget pada anak berdampak buruk pada tumbuh kembangnya. Contoh nyata dampak negative kecandungan gadget pada anak, diantaranya:

Memiliki Sifat Agresif

Hal terburuk bila anak dibiarkan kecanduan gadget, kemungkinan akan muncul  sifat agresif pada dirinya.  Selain memberikan dampak buruk dari pancaran radiasi, penggunaan gadget yang berlebihan, dapat pula menimbulkan dampak negatif dari konten media yang dikonsumsi anak selama bermain gadget.

Mengganggu Pertumbuhan Otak Anak

Pertumbuhan otak pada anak usia dini sangatlah cepat. Hal ini terus berlangsung hingga usia anak mencapai 21 tahun. Bahkan pertumbuhan otak ini juga dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan sekitarnya, sehingga pemakaian gadget yang berlebihan bisa berdampak buruk seperti keterlambatan kognitif, tantrum. Parahnya tingkat kemandirian anak pun makin menurun.

Berikut ini adalah cara atau tips terbaik untuk menghindari kecanduan gadget pada anak!

1. Memperbanyak Aktivitas dan Bermain Secara Langsung

Salah satu cara yang dapat dilakukan ibu untuk menghindari kecanduan gadget pada anak  adalah dengan mengajak si kecil untuk bermain dan belajar secara langsung,  bukan melalui layar gadget. Semakin banyak waktu yang digunakan beraktifitas akan semakin baik, karena melakukan aktivitas secara langsung tidak hanya dapat mengatasi anak kecanduan gadget, tetapi juga mendukung perkembangan eksplorasi anak.

aktifitas bermain bersama anak
sumber gambar: google


2. Mendampingi Anak Selama Sekolah Online

Sejak pandemic merebak hingga saat ini, proses pembelajaran secara online makin sering dilakukan, sehingga penggunaan gadget tidak dapat dihindari. Alangkah baiknya bila para orangtua tetap waspada agar tidak lengah. Untuk mengatasi anak kecanduan gadget, Ibu harus selalu mendampinginya saat belajar secara online,  bahkan mengawasi konten-konten yang di konsumsi oleh sang buah hati.

3. Bersikaplah Tegas dan Konsisten

Anak yang terlanjur kecanduan gadget memang sering menimbulkan tantrum, terlebih jika Ibu melarangnya menggunakan gadget. Hal ini memang sulit dilakukan, bahkan bisa membuat Ibu marah atau uring-uringan dengan si kecil. Namun, Ibu harus tetap bersikap tegas agar si kecil bersedia mematuhi peraturan yang sudah Ibu buat. Dan jangan sekali-kali Ibu berubah pikiran merasa iba karena melihatnya tantrum.

Ingatlah tujuan awal Ibu dalam mendampingi tumbuh kembang buah hati , yaitu mengatasi anak dari kecanduan gadget, sehingga anak tidak terdampak buruk dari pengaruh gadget di kemudian hari. Yakinlah bahwa jika Ibu bisa konsisten, maka baik Ibu maupun sang buah hati akan memperoleh manfaat yang jauh lebih besar.

4. Tetapkan Wilayah Bebas Gadget di Rumah

Cara lain untuk mengatasi anak kecanduan gadget yaitu dengan membuat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu di dalam rumah, seperti di meja makan atau  di kamar tidur. Fungsi meja makan adalah untuk menikmati makan bersama dengan keluarga, demikian juga di tempat tidur, saatnya anak istirahat dan terbebas dari pengaruh tontonan di gadget.

Demikianlah beberapa cara atau tips terbaik mengatasi kecanduan gadget pada anak yang bisa Ibu lakukan. Namun, perlu diingat selain dengan melakukan langkah-langkah di atas secara konsisten, pastikan Ibu juga memenuhi nutrisi harian sang buah hati.

PediaSure merupakan salah satu nutrisi tambahan yang dapat Ibu berikan untuk membantu tumbuh kembang buah hati secara baik dan nyata. Dengan aneka varian rasa yang tersedia, antara lain PediaSure Classic Milky, PediaSure Madu, PediaSure Vanilla, dan PediaSure Cokelat, serta dilengkapi dengan formula Arginine dan Vitamin K2, dengan 14 vitamin 9 Mineral, pastinya pediasure indonesia dapat membantu pertumbuhan tulang si kecil.  

sumber gambar: website PediaSure


PediaSure juga tersedia dalam ukuran 200 gram hingga 1800 gram. Kini PediaSure tersedia bebas di minimarket, supermarket, atau toko susu di sekitar rumah. Jadi damping tumbuh kembang sang buah hati serta lengkapi nutrisinya dengan PediaSure.


Sumber:

Education for parents of children with gadget addiction | Ardiyani | Jurnal Berkala Epidemiologi. (n.d.). Journal of Universitas Airlangga. https://e-journal.unair.ac.id/JBE/article/view/21003

9 effects of modern gadgets on children development. (n.d.). Affordable Commercial Playground Equipment | Fast Delivery of Durable Outdoor Playsets for Schools | Outdoor Playground Structures for Sale. https://www.playgroundequipment.com/effects-modern-gadgets-children-development/

7 ways to overcome gadget addiction in children. (2021, June 24). Hermina Hospitals. https://www.herminahospitals.com/en/articles/7-cara-atasi-kecanduan-gadget-pada-anak

 

Posting Komentar

0 Komentar